CARA BUDIDAYA BURUNG KACER

Advertisement

CARA BUDIDAYA BURUNG KACER ,Burung kacer saat ini sudah mulai jarang persediaannya di alam liar banyaknya perusakan hutan dan penangkapan secara besar-besaran membuat populasi burung yang terkenal dengan suarannya yang keras ini semakin menipis. oleh karenanya perlu sekali bagi pecinta burung untuk membudidayaknnya baik secara kelompok ataupun perorangan karena tanpa budidaya maka bisa jadi beberapa tahun kedepan jenis burung ini sudah jarang atau punah .

  •  Pertama yang dibutuhkan dalam penangkaran atau budidaya kacer adalah Mempersiapkan kandangnya untuk budidaya. untuk ukuran bisa memakai 90X90X180 yaknik PxLxT (panjang X Lebar X Tinggi) untuk jenis kayu bisa gunakan kayu balo yang keras dan tahan serangan rayap. dan fasilitas yang seharusnya dipasang dalam sangkar / Kandang penangkaran adalah :Tumbuh2an, kolam air (bisa menggunakan wadah lain seperti cawan dari tanah liat atau kaleng yang diisi air bersih) , wadah makan minumnya, pangkringan, glodok sarang, tulang sotong.
  • Kedua adalah memilih indukan yang sehat denga kriteria : tidak cacat fisik, postur besar dan panjang, gesit dengan sorot mata tajam, waktunya birahi (umur 10 bulanan), dan rajin berkicau.untuk perbedaan jantan dan betinannya bisa dibaca di tips-mudah-membedakan-kacer-jantan-dan betina
  • Ketiga Proses Perjodohan yakni dengan menempel masing-masing sangkar jantan dan betina , dengan terus diamati hingga terlihat akur setelah itu bisa disatukan dalam kandang.
  • Keempat adalah masa Bertelur dimana umumnya kacer bertelur 2-3 butir. jangan lupa memberi tulang sotong karena dapat menguatkan cangkang telurnya.
  • Selanjutnya masa pengeraman biasanya memerlukan waktu sekitar 14 hari
  • Setelah menetas perhatikan makanan untuk indukan dengan cara memberi EF dan vitamin
  • Proses berikutnya adalah meloloh yakni pada umur 3 mingguan biasanya anakan sudah mulai keluar dari sarang namun untuk makan sendiri biasanya sampai usia 5 bulanan ( pada masa ini berikan makanan hidup seperti jangkrik kecil / kroto)
  • proses penyapihan : setelah anakan makan sendiri sekarang tinggal dipisahkan dari indukan dan jangan lupa mengajarinya dengan makan voer halus dengan dicampur kroto.
Demikian Cara Budidaya Burung Kacer. semoga bermanfaat :)


Advertisement
CARA BUDIDAYA BURUNG KACER | Belajar Islam | 5

1 comments:

  1. Pengunjung blog ini mau Box Makanan yang bagus? Cobain deh greenpack. Kamu bisa lihat-lihat di link berikut ini : http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete